Perwakilan Duta Kaltara Mengikuti Kuis Kihajar Tingkat Nasional Tahun 2018 Di Jakarta

Jakarta – Kegiatan Kuis Kihajar tingkat Nasional secara resmi dibuka oleh kepala Pustekkom Bpk.Gogot Suharwoto,Ph.D pada hari Selasa sore, tangal 9 Oktober 2018, bertempat di Lagoon Garden Hotel Sultan Jakarta. Kegiatan Kuis Kihajar tingkat Nasional tahun 2018 ini diikuti oleh 120 siswa dari 34 provinsi, ini merupakan kegiatan Kuis Kihajar yang ke-12 yang telah diselenggarakana oleh Pustekkom. Tahun ini, sebanyak 4 orang Siswa perwakilan dari Provinsi Kalimantan Utara mengikuti Kuis Kihajar tingkat Nasional, 3 orang siswa memenangkan lomba Kuis Kihajar tingkat Provinsi, dan 1 siswa yang memenangkan Kuis Kihajar Harian jalur SMS.

Mereka yang mewakili Kalimantan Utara, pemenang Kuis Kihajar tingkat Provinsi adalah Andi Faatir Reskiawan siswa SDN 001 Tanjung Selor, Achyar Emir Ahmad SMPN 1 Tanjung Selor, dan Tegar Ganang Priambodo siswa SMAN 1 Tarakan sementara, pemenang Kuis Kihajar harian jalur SMS adalah Meylisa bella Tri Anjani siswa Mts.Al-Khairaat Tarakan.

Mekanisme terpilihnya siswa untuk dapat mewakili provinsinya masing-masing sampai pada tingkat nasional melalui beberapa tahapan. Tahap pertama Kuis Kihajar Harian, peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan melalui media online, dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu Kuis Kihajar tingkat Provinsi, yang diselenggarakan Pustekkom dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dimasing-masing Provinsi. Selanjutnya tahap terakhir, Kuis Kihajar tingkat Nasional. Semua Peserta pemenang Kuis Kihajar tingkat Provinsi diundang ke Jakarta untuk mengikuti Kuis Kihajar Tingkat Nasional. Tahun ini sebanyak 38.360 siswa yang berpartisipasi mengikuti Kuis Kihajar.  Kuis harian jalur SMS diikuti oleh 29.521 siswa, sedangkan yang mengikuti Kuis Harian tingkat Provinsi sebanyak 4.983 siswa.

Kuis Kihajar 2018  ini diselenggarakan dengan tujuan “ Meningkatkan Keiginan dan Motivasi belajar Siswa dengan media Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui TV Edukasi dan Radio Edukasi.”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 09-13 oktober 2018.

Leave a Reply