Pembukaan Irau Ke-9 Berlangsung Luar Biasa Malinau

Kepal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Maryono M.pd Kons menghadiri Irau Malinau

Kepal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Maryono M.pd Kons menghadiri Irau Malinau

Malinau – Arena Pelangi Intimung dipenuhi warga baik dari Malinau dan luar Malinau yang ingin menyaksikan pembukaan Pesta Budaya Irau ke-9 dan peringatan HUT Kabupaten Malinau ke-19, Senin (15/10). Pukul 8.30 wita tamu undangan sudah memenuhi panggung utama, begitu juga masyarakat yang sudah berkumpul di sekitar lokasi stan pameran. antusias warga sangat luar biasa. Terlebih para peserta karnaval yang terdiri dari seluruh etnis, paguyuban kecamatan, organisasi dan sekolah-sekolah yang ada di Malinau.

Acara diawali dengan upacara adat menyambut rombongan Gubernur Kaltara Ir. H. Irianto Lambrie, MM dan Bupati Malinau Dr. Yansen Tp, M.Si beserta tamu undangan lainnya. Salah satu diantara undangan yang hadir ada Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Dr H Sigit Maryono M.pd Kons. Acara dimulai dengan penampilan machring band gabungan dari anak-anak TK, SD dan SMP, dilanjutkan dengan Karnaval Budaya Pelangi Intimung dan persembahan Tarian Massal.

Setelah itu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Intimung, Mars Gerdema dan Hymne Kabupaten Malinau, sambutan Bupati Malinau dan sambutan Staf Ahli Kementrian Pariwisata Bidang Kultural selaku Ketua Tim Calender OF Event.

Dalam acara ini diisi dengan penyerahan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan diserahkan oleh Gubernur Kaltara Ir. H. Irianto Lambrie, MM dan penyerahan piagam dari Pemerintah Republik Indonesia Kementrian Keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Malinau Atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara kepada Bupati Malinau Dr.Yansen TP, M.Si.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kaltara, pemukulan gong, pelepasan burung merpati dan pelepasan balon udara.
Acara diakhiri dengan Dewan Museum Rekor Dunia Indonesia (Bapak Ngadri) yang memberikan piagam penghargaan rekor MURI Pawai Budaya Berbusana Adat Bhineka Tunggal Ika Peserta Terbanyak dan Desa Wisata Pulau Sapi dengan Rumah Terbanyak Berhias Motif Etnik kepada Pemerintah Kabupaten Malinau. (hms)

Leave a Reply